Kamis, 25 Mei 2017

curug tegalrejo gunung kidul

Curug Indah Tegalrejo atau biasa disebut Curug Bayat terletak di desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berbatasan dengan Kabupaten Bayat Klaten, begitu sering disebut Curug Bayat karena lokasi lebih mudah jika melalui distrik Bayat Klaten. Jika berangkat dari Yogyakarta melalui rute Yogyakarta - Prambanan - Srowot - Wedi - Bayat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan roda 2. Untuk memasuki kawasan wisata Curug Indah Tegalrejo tidak dipunggut tiket masuk, pengunjung hanya membayar parkir retribusi Rp. 2.000,-.
Untuk mencapai lokasi Curug pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit, dan mencapai puncak kebanyakan curug harus berjalan kaki lagi sekitar 5 menit melalui jalan, atau juga dapat turun sungai. Curug Indah Tegalrejo memiliki banyak air terjun dengan ketinggian yang bervariasi dan bentuk dengan kolam air yang digunakan untuk mandi atau hanya bermain air oleh para pengunjung. Curug pengunjung masih didominasi oleh masyarakat sekitar Bayat kamar Kecamatan, termasuk anak-anak muda yang keren untuk bermain air dan melompat dari batu, mahasiswa yang menghabiskan waktu setelah pulang dari sekolah, juga banyak Pasangan muda yang menghabiskan waktu di sekitar air terjun.
Aya dan beberapa teman saya telah mengunjungi Curug Indah Tegalrejo 4 kali, yaitu pada tanggal 31 Maret 2013, 8 April 2013, pertengahan-2014 dan terakhir 13 Desember 2014. Meskipun hanya sekitar seminggu setelah kunjungan pertama dan kedua, tetapi volume air sudah dibahas sangat berbeda, karena disebabkan oleh hujan deras pada malam sebelum kunjungan kedua untuk membuat curug ini lebih cepat daripada biasanya. Pada kunjungan pertama, air yang mengalir di air terjun paling atas begitu kecil bahwa tebing berbatu bisa naik sangat mudah, tetapi pada kedua mengunjungi karena cepat air yang mengalir dari Curug membuatnya cukup sulit karena volume tumpahan air besar. Pada Curug di bawah bentuk ini tidak terlalu berbeda, tapi masih terlihat peningkatan volume air, sehingga menambah pesona dari Curug Bayat adalah masih relatif tenang pengunjung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar